Skip to main content

Sepenggal Hikmah Harian : Tentang Waktu


Kemarin terasa lain dari hari biasanya. Mungkin anak-anak akan menyebutnya sebagai Hari Ayah. Kemarin Abiya mengambil libur dan beliau memanfaatkannya untuk membersamai anak-anak seharian. Di pagi hari, kami membuat penawaran ke anak-anak, yang hasilnya pun sudah bisa ditebak. Raysa ingin diantarjemput sekolah oleh Abiya sedangkan Ahsan ingin bermain di Spielplatz (taman bermain) yang ada mobil-mobilannya dengan Abiya. Maka kemarin Ahsan tak menemaniku berangkat Deutschkurs (les bahasa Jerman), aku pun tak perlu menjemput Raysa di Kindergarten (TK) sepulang Deustchkurs seperti biasanya.
Deutschkurs berdurasi total 3.5 jam, termasuk sesi pause (istirahat) 10 menit sebanyak dua kali. Sesi pause ini biasanya kugunakan untuk membersamai Ahsan di Kinderbetreuung (Kids Corner) untuk makan camilan atau bermain bersama. Waktu yang singkat, namun ternyata selama ini cukup untukku dan Ahsan. Karena kemarin aku berangkat sendirian, maka sesi pause menjadi bonus waktu yang bisa kugunakan. Muncullah pertanyaan dalam benak, 
Hal penting apa yang bisa kugunakan di bonus waktu ini? Terutama sebuah hal yang untuk melakukannya biasanya aku kesulitan mencari waktu.
Aha! Aku teringat sebuah rencana. Yaitu mengutarakan ide membuat WhatsApp Group untuk kelas Deutschkurs kepada Lehrerin (pengajar). Ide ini sebenarnya dicetuskan dan dilakukan oleh teman dari kelas lain, beliau sudah melakukannya untuk kelasnya dan mendorongku juga untuk menginisiasi hal tersebut di kelasku. Saat semester lalu, aku belum berani. Kemampuan berbahasa Jermanku sungguh sangat pas-pasan kala itu. Sebenarnya sekarang pun masih pas-pasan juga, namun setidaknya sudah ada pembekalan dari proses belajar di kelas semester lalu. Sesi istirahat pertama aku gunakan untuk menyampaikan hal tersebut pada pengajar. Beliau menyampaikan, 
Jika kamu menginginkan kami sebagai tim penyedia layanan belajar ini membuat grup tersebut, tentu tidak memungkinkan. Namun jika kamu bersedia untuk membuatkan grupnya dan memasukkan nomor teman-teman ke grup tersebut, itu adalah ide yang sangat cemerlang. Aku bisa membagikan tautan materi belajar atau hal lainnya padamu untuk kemudian didistribusikan di grup. OK, kita tawarkan di kelas ya. Jika teman-teman setuju, grup tersebut bisa dibuat.
Alhamdulillah, bonus waktu di sesi istirahat pertama pun termanfaatkan dengan baik. Masih ada sisa waktu juga untuk sejenak ke kamar mandi. Segera setelah itu, pengajar mengumumkan penawaran tersebut di kelas. Teman-teman menyambut dengan positif dan antusias. Pengajar pun menyiapkan selembar kertas agar kami bisa menulis nama dan nomor telefon di sesi istirahat kedua. Sesi istirahat kedua aku manfaatkan untuk menanyakan materi yang belum aku pahami ke pengajar juga memasukkan sebagian nomor kontak teman-teman di kelas. Dalam perjalanan pulang ke rumah, aku tuntaskan perihal pembuatan WAG kelas ini.
Aku bersyukur bonus waktu yang Allah berikan bisa terlampaui dengan menuntaskan satu program. Waktu seringkali berlau tanpa disadari, seperti yang tersampaikan dalam hadits Bukhari :
Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang.
Rentetan aktivitas dan kesibukan adalah sebuah keniscayaan. Teringat kalimat yang dinukil oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah,
Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil.
Alhamdulillah, ruang belajar untuk menyampaikan ide dan berdiskusi dalam bahasa Jerman pun bertambah, insyaAllah diniatkan untuk memberanikan diri mencoba memperbanyak menyampaikan pesan dalam bahasa Jerman sekalipun grutal-gratul atau kurang pas di sana-sini. Kesalahan akan menjadi lecutan untuk terus melakukan perbaikan. Karena seringkali, sekalipun salah dalam susunan kata, lawan bicara cukup menangkap dan memahami pesan yang ingin kusampaikan. Tak jarang, saat aku mencoba berbicara dalam bahasa Jerman dan menyampaikan bahwa aku sedang belajar, lawan bicara menjadi lebih sabar dalam menyimak hingga maksudku tertangkap olehnya. Bahkan tetangga kamar atas membenahi susunan kalimat yang saya ucapkan saat kami mengobrol singkat. Kaitannya dengan pemanfaatan waktu, proses belajar bahasa Jerman yang saat ini sedang kujalani, kuupayakan untuk berjalan dengan seoptimal mungkin. Dengan tetap menjaga keseimbangan peran yang sudah teramanahkan. Ya Allah, mudahkan dan selimuti dengan keberkahan.

Semoga ke depan, semakin bijak dalam memanfaatkan waktu, karena  dunia ini adalah tempat beramal, bukan tempat bersantai dan bermain-main, sebagaimana firman Allah :
Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? [Al-Mukminun (23):115].
Dan hari ini, Eyang B.J. Habibie berpulang. Innalillahi wainna ilaihi roji’un… dan kembali mengingatkanku tentang waktu.

Wina, 11 September 2019


Comments

Popular posts from this blog

Menulis Cerita Anak : Pengenalan Anggota Tubuh

CERITA TENTANG PENGENALAN ANGGOTA TUBUH Udara hangat, suara burung berkicau dan air bergemericik, menemani sang mentari menyingsing dari arah timur. “Assalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh…. Selamat pagi anak-anak… Bagaimana kabar hari ini?” ibu guru membuka ruang kelas batita dengan sapaan penuh semangat. Anak-anakpun menjawab dengan antusias, bahkan mereka berlomba-lomba mengeraskan suara, “Wa’alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh… Selamat pagi ibu guru… Alhamdulillah….Luar biasa…Allahu Akbar!” Jawaban sapaan berlogat cedal khas anak-anak membahana di seluruh isi ruangan. Ibu guru tersenyum lebar. (Coba, siapa yang bisa peragakan, bagaimana senyum lebar itu?). Jawaban nyaring anak-anak tadi tak ubahnya pasokan energi yang membuat semangatnya menggebu sehari penuh. Pagi ini sang ibu guru akan mengenalkan pada anak-anak mengenai anggota tubuh. Sengaja beliau datang dengan tangan hampa. Tanpa buku, tanpa alat peraga. Rupanya beliau ingin tahu seberapa jauh anak-

Mini Project : Belajar Siklus Air

Mini Project 20 Juli 2016 Belajar Siklus Air Beberapa sore belakangan, hujan selalu menyapa. Allahumma shoyyiban nafi’an Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. Salah satu kebiasaan yang Mentari Pagi lakukan saat hujan adalah melihat kamar belakang sambil melapor, “Ngga bocor koq Mi,alhamdulillah kering.” Hihihi..Atap kamar belakang memang ada yang bocor. Sehingga jika hujan turun, terlebih hujan besar, saya selalu mengeceknya, apakah bocor atau tidak. Dan kebiasaan inilah yang damati dan diduplikasi oleh MeGi. Dari sini jadi terpikir untuk mengenalkan siklus air padanya. Alhamdulillah, kemudahan dari Allah. Saat membuka facebook timeline , ada teman yang membagi album foto mba Amalia Kartika. Berisikan ilustrasi menarik mengenai informasi ayat-ayat yang berkaitan dengan air dan hujan. Jadilah ini sebagai salah satu referensi saya saat belajar bersama mengenai siklus air. Untuk aktivitas ini saya menggunakan ilustrasi siklus air untuk stimulasi m

Manajemen Prioritas dalam Berkomunitas

Membuat Skala Prioritas Beberapa pekan lalu, kami sebagai tim Training and Consulting Ibu Profesional Non ASIA mengundang mba Rima Melani (Divisi Research and Development – Resource Center Ibu Profesional, Leader Ibu Profesional Banyumas Raya sekaligus Praktisi Talents Mapping ) di WhatsApp Group Magang Internal. Bahasan yang disampaikan adalah mengenai Manajemen Prioritas dalam Berkomunitas.  Bahasan ini kami jadwalkan sebagai materi kedua dari rangkaian materi pembekalan untuk pengurus IP Non ASIA karena bermula dari kebutuhan pribadi sebagai pengurus komunitas. Masih berkaitan dengan materi sebelumnya, yang bisa disimak di tulisan sebelumnya . Di materi pertama lalu kami diajak uni Nesri untuk menelusuri peran diri sebagai individu, yang kemudian dipetakan dan dikaitkan dengan peran dalam keluarga sebagai lingkaran pertama, dilanjutkan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan sosial sekitar. Sehingga antara peran diri, peran dalam keluarga serta peran komunal dapat di