Thursday, 4 August 2016

Mini Project : Bikin Salt Dough, Yuk!

[Mini Project]
4 Agustus 2016

Bikin Salt Dough Yuk!

Kemarin MeGi minta main donat. Ngeh si maksudnya. Yang dia maksud adalah, kita ingin main playdough. Terakhir dimainkan memang kita bikin kreasi donat dari playdough  itu. Jadi yang dia ingat adalah donatnya. Lihat bahan-bahan di dapur, ada sih. Paling pewarna makanannya aja yang hampir habis. Karena sayang rasanya kalau harus memakai minyak, kita bikin saltdough aja ya Nak. Ini tanpa minyak. Cuma campuran terigu, garam dan air.

Bahan :
  • 500 gram terigu
  • 250 gram garam
  • (Perbandingan pemakaian terigu : garam = 2 : 1)
  • Air secukupnya
  • Beberapa pewarna makanan


Cara membuat :
  1. Campur terigu dan garam, uleni dengan menambahkan air sedikit demi sedikit hingga tercapai tekstur yang diinginkan. Saat menguleni adonan dengan tangan, taburi tangan dengan terigu terlebih dahulu supaya adonan tidak menempel di sela-sela jemari.
  2. Bagi menjadi beberapa bagian, tetesi saltdough dengan pewarna makanan. Uleni kembali hingga berubah warna.
  3. Saltdough siap dimainkan.

Dari segi tekstur, saltdough ini tidak lengket dibanding playdough yang menggunakan minyak. Tidak terasa berminyak dan cenderung lebih kering. Oya, saltdough ini cepat kering kalau dibiarkan di udara terbuka ya. Jadi cocok kalau segera dimainkan langsung dan membuat cetakan-cetakan dari miniatur binatang yang nantinya akan mengeras.
Lewat permainan sederhana ini, MeGi yang berusia 2 tahun 3 bulan ini bisa mengeksplorasi banyak hal. Inisiatifnya banyak tumbuh sejak saat kita melakukan persiapan. Tanpa diminta, saat Micha mengambil terigu di lemari dapur dan mengajaknya membuat dough, dia sudah berinisiatif mengambil pewarna makanan di rak meskipun untuk mengambilnya pun dia membutuhkan bantuan kursi kecil. Saat mencampur adonan, dia juga yang menyendok dan menuang terigu, garam dan menghitung jumlah sendokan bersama-sama. Dia juga yang mencampur terigu dan garam dan menguleni. Baru saat adonan mulai menjadi liat dan lengket, dia bertahan sebentar, lalu memilih menuju kamar mandi untuk mencuci tangan. Setelah adonan dough jadi, dia kembali berpartisipasi meneteskan pewarna. Jadi, warna doughnya bergantung MeGi, berapa banyak dan apa saja warna yang dia teteskan dan campurkan, hihi. Untuk meratakan warna di adonan, tentu masih dengan bantuan Micha. Dia menguleni sebentar, sepertinya masih terlalu berat untuknya jika harus meratakannya. Tak lama, taraaa…jadi deh. Saltdough siap dimainkan. J



Bikin sesuatu yuk dari saltdough! Ada ide?

#griyariset
#miniproject
#ODOPfor99days
#day103

#exploringsalt

0 comments:

Post a Comment