Friday, 25 March 2016

Main Lempar Gelang Warna, Yuk!




Main apa ya hari ini?
Pagi tadi Megi penasaran dengan gerak-gerik Umminya yang menjinjit-jinjitkan kaki berusaha mengambil sebuah wadah yang terletak di rak atas dapur.

“Ummi ambil apa? Megi mauuu…”

Tanpa menunggu jawaban, dia segera mendekat dan mengekor langkah saya. Kami berdua duduk, dan saya berusaha membuka kaleng bergambar biskuit yang sudah beralih fungsi menjadi wadah penyimpanan perkakas dapur. Saya ingin mengambil stik eksrim dari dalamnya. Dia duduk manis mengamati perilaku saya. Sesaat kemudian, sembari mengambil setumpuk piring kertas dia berkata, “Mi, mau ini yaaaah…” Tak lupa dibubuhi senyum manis khas anak-anak yang inign permintaannya dikabulkan.

Dari sini, terbersit ide. Kalau begitu, hari ini kita main dengan ini saja yuk!
Kebetulan beberapa hari yang lalu Ummi membaca permainan lempar gelang. Karena bahannya simpel dan sudah ada di tangan, mari kita eksekusi.
Bahan dan alat :
  • Piring kertas
  • Krayon
  • Gunting
  • Balok susun

Cara Membuat :
  1. Piring kertas dilubangi bagian tengahnya, sisakan pinggiran yang bergelombang supaya menjadi gelang kertas.
  2. Warnai gelang kertas dengan krayon, pilih aneka warna kesukaan
  3. Susunlah balok susun dengan cukup tinggi supaya dapat digunakan sebagai menara tempat sasaran lempar gelang.

Cara Bermain :
  1. Letakkan menara balok susun agak jauh dari tempat duduk kita
  2. Pegang semua gelang kertas, lempar satu persatu ke arah menara balok susun
  3. Hitung berapa gelang yang berhasil masuk ke menara dan yang gagal.


Untuk Megi yang baru berusia 2 tahun, melempar gelang kertas hingga masuk ke menara balok susun merupakan hal yang tidak mudah. bahkan sepertinya masih terlalu sulit. Karena supaya tepat sasaran, butuh strategi lempar yang pas. Jadi, dipecahlah cara bermainnya. Pertama, dia lempar gelang-gelang kertas tersebut ke arah menara tapi tidak untuk dimasukkan ke menara, hanya menyenggol atau bahkan tidak menyenggol menara sama sekali. Hanya berlatih melempar, sesuka hati. Aktivitas melempar gelang kertas ini melatih motorik halus, merasakan pengaruh angin pada daya lempar dan mengenalkan aneka warna. Yang kedua, menara didekatkan di hadapannya, kemudian gelang-gelang kertas dimasukkan satu demi satu ke dalam menara balok susun. Setelah itu, gelang dikeluarkan kembali, satu demi satu dan diletakkan ke tempat semula. Sesi ini melatih koordinasi tangan dan mata, daya konsentrasi dan rasa tanggung jawab.

#ODOPfor99days
#day60
#idemainanak
#24bulan




0 comments:

Post a Comment