Monday, 26 September 2016

Kelompok Bermain Griya Riset, Nice Homework 8 Program Matrikulasi Ibu Profesional

NHW#8

BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN
Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat. Rumus yang kita pakai :

PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan. Sehingga Bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa empati, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri. Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam. 
Bagaimana caranya? 
Isilah bagan-bagan di bawah ini :

Contoh bagan Social Venture :



Pertanyaan terkait Nice Homework 8 :

Pertanyaan 1. Putri Yudha Kusuma – IIP Bandung
Bu Septi apakah sosial venture itu wajib? Bagaimana dengan orang yang cenderung internal? Apakah orang-orang yang cenderung intern ini harus bermitra dengan seorang aktivator ataukah memang pada dasarnya ada beberapa orang yang lebih tenteram intern dalam keluarganya saja tanpa berbuat untuk lingkungannya?

Jawaban :
Teh Uput, social venture hanya salah satu bentuk pola kebermanfaatan bagi alam semesta. Jadi bukan social venture-nya yg wajib, melainkan kebermanfaatannya bagi alam semesta. Bagi kita yang lebih senang dengan lingkungan keluarga, lingkungan internal diri sendiri, pasti banyak cara untuk melakukan kebermanfaatan ala keluarga kita. Silahkan teh Uput ceritakan pola teh Uput.

Pertanyaan 2. Nisa Nur’arifah – IIP Bandung
Ibu, bila kita telah membuat peta hidup kita, dimtengah perjalanan lalu Allah mengirimkan amanah sebagai agen perubahan di ranah yang lebih besar dan kita merasa on track, biasanya ada guncangan untuk menuju keseimbangan baru.  Apa tandanya bila kita siap? Bagaimana tips melewati guncangan menuju keseimbangan baru? Hatur nuhun   

Jawaban :
Ncha dijawab per poin ya,
Tandanya kita siap adalah "tenang" dan hati kecil kita bilang "yakin"
Tips melewati guncangan, pakai rumusnya pilot kalau melewati awan tebal, pasti kan berguncang, maka rumus yang harus dipakai adalah :

FULL ENERGY + FULL CONCENTRATION + HIGH SPEED

Saat di tengah pusaran pasti guncangan akan lebih dahsyat, terus melaju, maka pasti sebentar lagi muncul keseimbangan baru. 
Apabila beban yang kau rasakan sudah sangat berat, dan membuatmu hampir putus asa, maka BERSABARLAH, karena RAHMAT ALLAH sudah sangat dekat.

Lalu, social venture seperti apa yang saya mulai coba jalankan?



Demikian hasil perenungan saya terkait NHW 8. Terbesit harapan, semoga langkah kecil ini dapat konsisten, semakin bertumbuh dan menyemai kebahagiaan di hati setiap generasi pembelajar yang terlibat di dalamnya.


#ODOPfor99days
#day117
#griyariset
#socialventure
#matrikulasi
#ibuprofesional

0 comments:

Post a Comment