Wednesday, 28 September 2016

Mengunci Ilmu dengan Amal, Final Nice Homework Program Matrikulasi Ibu Profesional

Alhamdulillah Allah berikan kelancaran untuk menapaki program matrikulasi Ibu Profesional hingga garis akhir ini. 
Apa artinya saya sudah menjadi ibu profesional? 
Sama sekali belum, malah masih jauh dari kriteria.
Apa artinya saya sudah menjalankan tantangan yang diberikan di setiap minggunya?
Mengerjakan setoran Nice Homework memang sudah, namun proses menjalankannya masih saya lalui dengan tertatih. 
Apa yang membuat ini begitu susah?
Sebenarnya, jika sekadar menuliskan jawaban mungkin tidak terlalu sulit. Toh, sejak duduk di bangku sekolah hingga kuliahpun, saya sudah terbiasa mengerjakannya. Guru memberikan soal, saya menjawab. Guru memberikan tugas, saya mengerjakannya. Namun jika saya diberi ilmu kemudian syarat kelulusannya adalah dipraktikkan dalam keseharian hingga menjadi karakter, bagi saya itu merupakan sebuah pembelajaran seumur hidup. 
Saya tidak mau menyerah, karena saya ingin bersungguh-sungguh menjalankan peran yang telah diberikan olehNya. Saya memilih untuk terus berproses, sedangkan hasil sepenuhnya adalah kuasaNya. 


NHW#9 dan NHW #10
 MENGUNCI ILMU dengan AMAL


Bunda setelah mengikuti materi 1-10, ke depannya para peserta matrikulasi batch #1 yang LULUS-lah yang akan memandu program matrikulasi di wilayahnya masing2. Untuk itu  ada beberapa hal yang bisa bunda amati sebagai berikut :

a. Apakah bunda  bisa melihat sebuah benang merah dari program matrikulasi kita dari materi #1-materi #10?

Benang merah dari program matrikulasi ini adalah pembelajaran berjenjang bagi seorang perempuan untuk menjadi ibu profesional. Seorang yang bertekad menjadi ibu profesional, memulai proses dengan menuntaskan urusan diri sendiri, membangun sebuah tim yang kuat bersama keluarga, dilanjutkan dengan menebar kebermanfaatan dalam masyarakat sesuai misi hidup yang digariskan olehNya. Proses belajar ini pun menggunakan alur lingkaran Plan – Do – Check – Action, sehingga berjalan berkesinambungan dan terus dikuatkan dengan implementasi nyata dalam keseharian. 

Pengerjaan Nice Homework pun menurut saya tidak ada benar atau salah. Yang menjadi parameter adalah apakah jawaban yang saya tuangkan sudah sesuai dengan kebutuhan dan perjalanan belajar saya? Sehingga Nice Homework dapat berjalan efektif jika dituangkan apa adanya diri saya dan teraplikasikan secara konsisten.

b. Mohon dilihat kembali materi 1-materi 8, kemudian buat mindmapnya.

Mindmap Materi Program Matrikulasi yang saya bagi menjadi 4 aspek



c. Sebutkan hal-hal apa saja yang perlu bunda siapkan apabila ingin memandu program matrikulasi di setiap wilayah masing-masing.

  • Komitmen diri untuk istiqomah menjalankan ilmu yang sudah didapatkan sehingga apa yang disampaikan saat memandu memiliki ‘ruh’, karena sudah dijalankan sepenuhnya.
  • Manajemen diri, waktu, pikiran dan emosi.
  • Izin dari suami dan anak-anak selaku klien utama yang tentunya akan merasakan pengaruhnya seperti dari segi waktu dan perhatian.
  • Keterampilan berbagi, mendengarkan, dan melayani orang lain serta mengarahkan dengan tepat setiap peserta program matrikulasi. 


Demikian hasil pengerjaan tugas dari saya. Sangat jauh dari sempurna, tapi senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dari hari ke hari.


#matrikulasiibuprofesional
#griyariset
#ODOPfor99days


0 comments:

Post a Comment