Monday, 19 March 2018

Bergembira Bersama di Tidying Festival








Tidying Festival adalah momen berbenah habis-habisan, memilih barang-barang yang membuat spark joy kemudian menatanya secara KonMari, dan melepaskan barang-barang di luar itu. Entah dibuang, diberikan ke orang lain, didaur ulang secara fungsional maupun dijual kembali. 

Jujur, saya baru bisa mengalokasikan beberapa menit perhari untuk melakukannya. Itupun tak setiap hari bisa dilakukan. Berjauhan dengan suami dan mendampingi anak-anak yang masih berusia balita dan baduta tanpa adanya asisten rumah tangga, menjadi tantangan tersendiri. 

Namun, tidying festival tetap harus dilakukan dong ya. Tantangan kondisi biasanya memunculkan kreativitas nyata, hihi… Berbenah pakaian saya mulai dari milik anak-anak. Alasannya sederhana, karena lemari anak-anak sudah berupa laci-laci, maka saya sudah merasa spark joy dengan tempat penyimpanannya. Alih-alih menanti jam tidur mereka yang tak datang jua, saya memberanikan diri melakukan tidying festival dengan melibatkan mereka. Sesi mengumpulkan dan memilah pakaian berjalan dengan mulus bersama mereka. Saat mulai melipat pakaian satu demi satu, anak-anak terutama adik ternyata tertarik untuk mengambil pakaian yang sudah saya lipat dan tata di laci. Diambil dan diterbangkan ke segala penjuru arah. Hehehe…

Kejutan tak terduga saya dapatkan dari sulung. Kakak yang bermain bersama adik saat saya melipat-lipat pakaian, ingin terlibat dalam proses melipat tersebut. Lalu tak lama, taraaaa…kakak menunjukkan hasil lipatannya. Sebuah celana panjang yang terlipat dan berdiri ala KonMari. Kyaaaa…ternyata sulung memperhatikan cara saya melipat dan menirukannya dengan mudah. Maka, kami berdua pun asyik melipat ala KonMari. 

Bagaimana dengan pakaian-pakaian yang dihambur-hamburkan adik? Saya sediakan beberapa potong pakaian untuk dimainkan adik yang tidak saya lipat dahulu, juga satu wadah kardus untuk memfasilitasinya bermain. Dengan demikian, adik asyik dengan mainannya dan saya asyik dengan lipat melipat. 







0 comments:

Post a Comment