Saturday, 17 March 2018

Memahami Bahasa Bakat dan Kekuatan Peran untuk Semakin Memahami Diri

Tugas kali ini amat menarik, memetakan diri dengan menilik deskripsi tema bakat dan potensi kekuatan peran. Tantangan banget ini. Mengapa? Karena dari tugas ini akan terlihat seberapa jauh kita mengenal diri kita sendiri. Dan tentunya, tugas ini akan mudah dikerjakan jika kita sudah memahami dengan baik definisi dari masing-masing tema bakat dan potensi kekuatan peran tersebut. Keberadaan buku Talents Mapping, Talents Dynamics  juga hasil dari pelatihan Talents Mapping Basic dan Talents Mapping Dynamics  amat membantu saya menginterpretasikan diri. Berikut hasil proses identifikasi yang sudah saya lakukan :

Tujuh bakat dominan diri dengan indikator 34 tema bakat
Discipline
Futuristic
Input
Relator
Competition
Maximizer
Significance

Sedangkan untuk 6 peran dominan dari ST30
Ambasador
Journalist
Marketer
Administrator
Seller
Educator

Saya terbiasa untuk melakukan perencanaan sebelum bertindak. Karena itulah, sejak kecil saya memiliki buku catatan mungil untuk menulis apa saja. Ide, agenda, rencana, pembelajaran bisa masuk semua ke dalamnya. Saya juga senang membayangkan masa depan. Berkaitan dengan bakat discipline, saya memiliki gambaran mengenai rencana di masa yang akan datang. Perencanaan akan semakin mudah saat saya mengumpulkan banyak informasi dan memang itu pekerjaan yang menyenangkan bagi saya. Sempat ada masa saya merasa segala informasi itu penting dan menarik. Lalu kemudian saya merasa banjir informasi. Maka saya mengambil satu sub bidang spesialisasi yaitu pendidikan anak usia dini dan keluarga. Dan kemudian fokus di dalamnya. 

Bergabung di komunitas Ibu Profesional sejak tahun 2013 hingga sekarang karena saya merasa cocok berkarya di dalamnya dan senang berinteraksi dengan orang lain. Bertemu dengan orang lain menjadi motivasi tersendiri bagi diri saya. Itu yang membuat saya tergerak untuk menginisiasi Ibu Profesional Jombang dan mengadaptasi pembelajaran-pembelajaran yang saya dapatkan di Ibu Profesional Bandung. Menjadi bagian kepengurusan dengan mengambil peran sebagai sekretaris di Ibu Profesional Bandung membuat saya belajar banyak hal. Bagi saya, dikelilingi orang-orang inspiratif dan kekuatan-kekuatan dari luar diri memunculkan energi untuk berkarya dan menebar manfaat. 

Kegemaran saya menulis mengenai pendidikan anak dan keluarga tersalurkan melalui blog di www.griyariset.com. Suami yang menyadari potensi bakat ini mendukung dan memfasilitasi dengan mengajak membeli domain blog supaya saya tergerak untuk menjalankan dengan serius. Beberapa orang pun menyapa dan mengenali saya dari blog tersebut. Sekian proses identifikasi yang saya lakukan terhadap diri saya. Besar kemungkinan proses ini akan terus berjalan dan terjadi dinamika dalam perjalanannya. Namun garis besar dan haluannya kurang lebih seperti apa yang sudah saya paparkan diatas. 

#Ruang BerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateri1
#KenaiPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

1 comment: