Sunday, 4 March 2018

Berbenah ala KonMari : Persiapan Griya Riset Mengawali Tidying Festival



Berjumpa lagi di kelas KonMari Indonesia level Shokyuu. Di tugas ketiga ini, kami sebagai peserta diminta untuk menuliskan persiapan-persiapan apa saja yang kami lakukan untuk menyambut Tidyng Festival di rumah. 

Apakah itu Tidyng Festival ?


Tidying festival merupakan istilah yang Marie Kondo buat untuk membuat acara berbenah adalah acara spesial yang hanya dilakukan sekali seumur hidup. Berbenah secara totalitas hingga dapat mengubah cara berpikir dan hidup kita. Asyik, kan?

Alih-alih menganggap berbenah sebagai sebuah rutinitas yang menjemukan, Marie Kondo mengajak kita untuk mengubah midset  terlebih dahulu sebelum berbenah.  Dari sini, berbenah menjadi sebuah momen spesial yang perlu dipersiapkan dan disambut oleh seluruh anggota keluarga. 

Lalu, apa yang keluarga kami lakukan untuk mengawali Tidying Festival  ini?

Saya mulai dengan berpikir keras, hihihi
Saya bersama kedua anak saya yang masih balita dan balita, sedang tinggal di rumah orangtua saya. Saya juga sedang berjauhan dengan suami. Maka persiapan yang kami lakukan pun menyesuaikan kondisi kami saat ini. Yang bisa jadi beda dibanding keluarga lain yang tidak tinggal berjauhan, tinggal di rumah sendiri bersama keluarga inti saja, maupun keluarga dengan anak-anak yang sudah bukan balita.

Poin utama yang saya siapkan adalah, mengajak anak-anak terlibat langsung di proses berbenah ini sesuai kapasitas mereka. Maka, memberikan imaji positif mengenai proses berbenah pada mereka merupakan hal yang cukup krusial. 

Bagaimana caranya?


Kami mulai dengan cerita. Saya bercerita bahwa kami akan menata tempat tinggal impian. Lalu saya mencari gambar penataan yang menarik dari pinterest dan menunjukkan pada anak-anak. Satu demi satu kami amati. Kemudian kami ambil gambar-gambar yang kami sukai untuk kami kumpulkan sebagai inspirasi. 
Inspirasi Ruang Bermain Anak (Sumber : Pinterest)
Inspirasi Pojok Baca Anak (Sumber : Pinterest)


Inspirasi Kamar Tidur (Sumber : Pinterest)

Inspirasi Meja Berkarya Ummi (Sumber : Pinterest)

Kami juga membuat hiasan dinding bertuliskan tidying festival untuk mengingatkan kami dan menjaga semangat kami mewujudkan tempat tinggal dan penataan impian. Visualisasi beraneka warna akan membuat anak-anak menjalankan proyek ini dengan sukacita layaknya sebuah permainan.


Kemudian, saya menilik kembali timeline yang sudah saya buat. Rasa-rasanya perlu saya ubah dan sesuaikan dengan timeline yang ada di kelas Shokyuu. Maka persiapan yang juga saya lakukan adalah memperbaiki timeline agar lebih sinergi dengan perjalanan belajar di kelas. 

Berikutnya, karena bagian yang pertama kali akan disentuh adalah pakaian, yang mana pakaian akan lebih mudah ditata dengan posisi terlipat dan disusun tegak berdiri, maka saya menyiapkan beberapa kardus yang nantinya akan menjadi wadah pakaian yang sudah tertata. Kardus yang saya gunakan adalah kardus bekas wadah air mineral berbentuk cup yang kemudian saya lapisi dengan kertas kado dan dibersihkan dari debu hingga siap dipakai. 

Bismillah, kami siap berbenah dengan bahagia :)

#shokyuuclass
#task3
#konmariindonesia
#konmarimethod
#intensiveclass


0 comments:

Post a Comment