Friday, 17 June 2016

Mini Project : Persiapan Ramadan Berbagi Ceria

Mini Project
17 Juni 2016

Persiapan Ramadan Berbagi Ceria

Buku mengenai Panti Asuhan dan Celengan Koin Cinta MeGi

Sejak pengumuman akan diadakan acara Ramadan Berbagi Ceria oleh RB Playdate IIP Bandung, hati udah tergerak buat langsung daftar. Tapi agenda weekend belum pasti. Jadi belum bisa memastikan diri bisa atau tidaknya.  Urunglah mendaftar. Waktupun berlalu, harap-harap cemas antara masih bisa daftar atau tidak. Pasalnya, acara yang diadakan oleh RB Playdate hampir selalu over kuota. Ya sudah, pasrah saja. Beberapa hari menjelang hari H, jadwal weekend sudah terlihat, tanpa sengaja sempat chat via WhatsApp dengan sang ibu ketua panitia, membahas tumbang anak. Sekaliyan saja mendaftar acara RBC. Dalam hati, bismillah, kalau sudah penuh berarti memang belum jodoh. Alhamdulillah ternyata masih ada slot kursi dalam hitungan jari. Jadi insyaAllah si Mentari Pagi bisa ikutan acara Ramadan Berbagi Ceria di Panti Asuhan Bayi Sehat.
Nah, ada beberapa hari untuk sounding ke dia perihal Panti Asuhan, berbagi dengan sesama dan seputar kegiatan di acara nanti. Hari ini, kami membahas mengenai Panti Asuhan. Saat mendengar kata tersebut, ternyata dia teringat sebuah buku cerita anak miliknya, karangan mba Pipiet Senja yang berjudul Rinduku untuk Ayah. Buku tersebut menceritakan seorang anak bernama Izal yang rindu pada ayahnya yang bekerja nun jauh di negeri Taiwan. Untuk mengobati rasa rindu sang anak, atas inisiatif kakek-nenek, ibunya membawa Izal ke sebuah Panti Asuhan. Saat bermain bersama anak-anak Panti itulah, Izal tersadarkan bahwa dia jauh lebih beruntung dibanding anak-anak tersebut. Sepulang dari Panti, Izal menjadi lebih bersyukur, semakin giat belajar dan rutin bermain ke Panti. Saat dibacakan buku ini, si Mentari Pagi mengenal makna meninggal dunia. Dia mulai paham bahwa anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan, sudah tidak memiliki orangtua.
Karena panitia juga memberikan woro-woro bahwa nanti saat acara bisa langsung memberikan koin sejuta cinta, MeGi pun mengambil celengannya dan mempersiapkannya untuk dibawa saat acara. Celengannya sudah dibuat sejak lama, dari kaleng bekas susu Mbah Uti, ditempel gambar pesawat hasil karya Abiya yang menjadi favorit MeGi dan dihias kertas kokoru di ujung-ujungnya.
Semoga persiapan sederhana ini menguatkan pemahamannya untuk senang berbagi dengan sesama. Terimakasih bubu Wiwik Wulansari, teh Ismi Fauziah, teh Wening dan teh Miranti yang sudah menginisiasi acara ini.

Semoga acara hari ini berjalan lancar dan dalam ridho Allah, aamiin…
#ramadanberbagiceria
#playdateiipbandung
#ODOPfor99days
#day15
#griyariset



0 comments:

Post a Comment