Tuesday, 6 February 2018

Cookpad, Hadirnya Kumpulan Resep dalam Sekejap



Di masa kecil, saya takjub melihat buku kumpulan resep milik ibu. Setiap menemukan resep menarik di sebuah majalah, dengan telaten ibu menggunting lalu menempelkannya di buku kumpulan resep. Atau jika sedang menyaksikan tayangan demo masak di televisi, ibu menyimak dengan cermat sembari mencatatnya dalam kertas buram untuk kemudian ditulis kembali di buku kumpulan resep milik beliau. Beliau juga membaginya dalam beberapa kategori untuk memudahkan pencarian. Sempat terpikir oleh saya, apakah kelak saya juga harus melakukannya? Terlebih saya tidak mudah menghafal hal-hal detil seperti resep-resep masakan.

Saya jarang memasak dan memang tidak hobi memasak. Tapi memasak adalah aktivitas yang menyenangkan bagi saya. Terlebih jika mengingat apa yang saya masak akan menjadi asupan nutrisi keluarga. Prinsipnya, boleh saja saya belum bisa memasak, tapi saya mau belajar untuk melakukannya. Nah, mengingat resep masakan merupakan hal yang sulit bagi saya. Sehingga di awal berumah tangga, saya pun memiliki buku kumpulan resep seperti milik ibu. Ketidaktelatenan membuat buku kumpulan resep itu hanya terisi beberapa lembar. Saya lebih suka mencari menggunakan mesin pencari di internet untuk menemukan resep masakan yang sedang saya butuhkan. Setelah mencari, tantangan berikutnya adalah memilih resep mana yang akan saya gunakan. Hasil pencarian teratas biasanya mengarah ke situs masakan skala besar, sehingga mencari resep masakan skala rumahan pun menjadi tantangan tersendiri. 

Tak lama, muncullah aplikasi Cookpad. Dengan hanya mengetik kata kunci, kita akan bertemu dengan aneka resep masakan yang kita butuhkan. Asyiknya, di aplikasi ini kita bisa membagi resep favorit kita ke publik lengkap dengan foto proses maupun hasil masakannya (resep saya), bisa meniru dan memasak resep orang lain dan memberikan testimoni maupun berkonsultasi dengan pembagi resep (recook), juga bisa menandai resep-resep favorit pilihan kita untuk memudahkan pencarian (cookmark).

Dengan aplikasi ini saya bisa mencari resep yang saya butuhkan, menimbang kira-kira resep mana yang sesuai untuk saya coba dengan melihat foto hasil masakan dan testimoni pengguna yang sudah recook. Dari Cookpad ini saya juga menemukan strategi menaklukkan tantangan dalam memasak. Misalnya, beberapa kali memasak, saya belum bisa membuat anak-anak suka makan ikan patin. Kalau dirasa-rasa, ternyata yang membuat anak-anak menolak patin adalah dari baunya. Pagi tadi saya mencoba resep olahan patin krispi dari salah satu resep Cookpad dan ahamdulillah sukses membuat anak-anak menyukai patin. Ternyata strateginya adalah memasak patin dengan tidak menyertakan bagian perut serta melumuri potongan ikan dengan air jeruk nipis sebelum membumbuinya.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui tautan berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mufumbo.android.recipe.search

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia


0 comments:

Post a Comment