Tuesday, 31 May 2016

Mini Project : Menyambut Ramadan Ceria dengan Si Ulat Berkisah

31 Mei 2016
[Mini Project]

Ramadan tinggal 6 hari lagi!
Mini project hari ini kita tujukan buat persiapan project Ramadan yuk!
Alhamdulillah beberapa hari lalu baru saja mendapat buku mengenai kehidupan Rasulullah. Buku pertama berjudul Kisah Seru Nabi Muhammad yang ditulis mba Tethy Ezokanzo dan Aan Wulandari. Buku kedua berjudul Rasulullah Sayang Anak karya pak Achmad Zayadi. Suka deh sama cerita di buku ini, karena disampaikan dengan sudut pandang orang pertama (First Person Point of View). Buat si kecil yang masih berusia 25 bulan, cara penyampaian ini menjadikannya seolah-olah sedang mendengarkan temannya bercerita. Nilai yang disampaikan melalui buku ini pun menjadi lebih mudah diserap dan dipahami olehnya. Sama halnya saat berinteraksi dengan buku-buku lainnya, dia lebih antusias mendengarkan cerita yang berupa percakapan langsung. Jadi, dua buku ini rencananya akan menemani aktivitas harian si kecil selama Ramadan.

Penyampaian dengan Sudut Pandang Orang Pertama

Nah, bagaimana supaya aktivitas ini menjadi momen yang menggerakkan dan membuatnya ketagihan? Maka dibuatlah permainan sederhana ini. Berikut tahapan-tahapannya ya, 

Bahan :
  • Kertas warna (kami menggunakan kertas origami)
  • Kertas HVS 70 gram 1 lembar
  • Kertas stiker
  • Buku Rasulullah Sayang Anak dan Kisah Seru Nabi Muhammad

Alat :
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Spidol warna
  • Krayon

Cara Membuat :
  1. Buat pola lingkaran pada kertas dengan menggunakan jangka.
  2. Gunting kertas sesuai pola dengan jumlah sesuai kebutuhan/panjangnya ulat yang akan dibuat.
  3. Rekatkan lingkaran satu dengan yang lain hingga membentuk ulat.
  4. Tulis judul subbab isi buku pada kertas HVS menggunakan spidol aneka warna, beri nomor.
  5. Tulis nomor pada kertas stiker 116 pada warnai kertas dengan krayon.
  6. Tempel ulat, kertas HVS dan kertas stiker di dinding.

Cara Bermain :
  1. Pilih satu nomor di kertas stiker, dan tempelkan pada badan ulat. Urut dari depan ( yang paling dekat dengan wajah) ke belakang. Mengilustrasikan dari awal bulan Ramadan hingga nanti menjelang akhir Ramadan.
  2. Cocokkan nomor dengan judul subbab yang tertera di kertas HVS. Buka dan baca buku sesuai dengan judul subbab tersebut.
  3. Lakukan terus, jika 1 judul subbab dalam sehari ternyata masih kurang, silahkan ambil nomor berikutnya sesuai aturan main diatas. Lihatlah, ulatmu akan semakin panjang :D


Persiapan Project Ramadan : Si Ulat Berkisah
Apa yang si kecil pelajari dari aktivitas hari ini? Banyak hal tentunya. Dia belajar menggunakan jangka. Meski belum berhasil membuat lingkaran, dia belajar menggenggam dan memutar jangka diatas kertas. Dengan kertas origami, dia belajar melipat dan membentuk sesuai daya imajinasinya. Dia juga belajar menggunakan lem saat merekatkan satu demi satu lingkaran yang mebentuk badan ulat. Menaklukkan rasa risih karena tangan lengket dan berinisiatif mencuci tangan sendiri di kamar mandi. Saat Abinya tiba di rumah, dengan girang ia menunjukkan Si Ulat Berkisah hasil karyanya bersama Ummi. 

#ODOPfor99days
#day74
#griyariset
#miniproject
#ramadanceria

0 comments:

Post a Comment