Saturday, 28 March 2020

Tantangan 30 Hari Day 5 : Membacakan Buku Anak berjudul "Ich komme in die Schule"


Hari ini kami memulai sesi membacakan buku lebih awal, yaitu di pagi hari. Tujuannya adalah agar mengumpulkannya tak mepet ke jam deadline, yaitu 23.59 WIB atau jam 17.59 CET.
Alhamdulillah sesi membacakan buku terlaksana di pagi hari. Namun ternyata menuliskan laporannya belum bisa pagi juga, karena ada agenda kelas belajar rutin yang harus diikuti, berlanjut pergi ke toko Turki untuk membeli bahan pangan. Masih mepet lagi deh laporannya. Ndak papa. Semoga besok bisa lebih awal. Hihihi.

Buku yang terpilih hari ini berjudul “Ich komme in die Schule”. Buku ini tentu merupakan buku pilihan Raysa. Buku yang menceritakan bagaimana seorang anak menjalani hari-hari pertamanya sebagai seorang anah sekolah (Volkschule Kind). Dimulai dari persiapan perlengkapan. Lazimnya di sini, seorang anak yang akan masuk sekolah memang menyiapkan tas sekolah lengkap dengan isinya yang antara lain : buku tulis, alat tulis, perlengkapan mewarnai, tempat makan, tempat minum, alat tulis, wadah makan, botol minum dan tas serut untuk perlengkapan olahraga.

Di hari pertama, akan ada acara penyambutan murid baru beserta orangtuanya. Kemudian di kelas, guru berkenalan dengan cara memberikan nametag para murid untuk diletakkan di meja masing-masing untuk memudahkan perkenalan awal. Ada juga Schultuete, sesi istirahat makan camilan, apa saja yang dipelajari di kelas, ruangan apa saja yang ada di sekolah, kegiatan apa saja yang bisa diikuti anak-anak di sekolah juga situasi sekolah di seratus tahun yang lalu, dan kisah tentang beberapa kebiasaan yang berlaku di negara lain. Saya pun bercerita mengenai sekolah yang saya jalani semasa kecil di Indonesia. Ada sistem piket, ada PR, memakai seragam dan sebagainya.
Secara garis besar, bahasa yang digunakan di buku ini cukup sederhana sehingga bisa dimengerti oleh orang yang sedang belajar seperti saya. Dan tema buku ini, saya sesuai dengan si sulung, yang sebentar lagi akan masuk Volksschule.

Badge excellent saya sematkan untuk hari ini. Karena proses berjalan optimal, tanpa distraksi dan cukup memfasilitasi kebutuhan belajar Raysa akan isi buku ini. Dan di momen ini, kami bisa berdua saja karena adik masih belum bangun. :D






0 comments:

Post a comment