Thursday, 26 March 2020

Tantangan 30 Hari Day 3 : Membacakan Buku Anak berjudul "Lieselotte ist krank"

Hari ini kami menonton film dulu sebelum membaca buku. Usai menonton film, makan apel dan yogurt sembari menyimak cerita si sulung mengenai jalan cerita film yang baru saja kami simak. Baru deh membaca buku bersama. 

Buku yang saya bacakan untuk anak-anak kali ini berjudul "Lieselotte ist krank". Buku ini bercerita tentang seekor sapi yang berprofesi sebagai pengantar surat. Di musim gugur yang cuacanya seringkali buruk, Lieselotte seringkali menjalankan tugas dengan menerjang hujan dan angin kencang Suatu hari di saat dia bekerja, cuaca terasa kurang bersahabat dan lebih dingin dari biasanya. Keesokan harinya Lieselotte sakit. Peternak merawatnya dan memberikannya obat alami. Seorang dokter hewan juga sempat datang untuk memeriksanya dan memberikannya obat batuk. Perlahan, Lieselotte pun berangsur sembuh. Saat Lieselotte sudah kembali sehat, dia siap menjalankan tugasnya kembali, namun cuaca di luar sedang dingin, hujan berangin dan gelap. Dia pun bertahan untuk berdiam di rumah.
Hari berikutnya, Lieselotte menunggu sang peternak, namun sang peternak tak kunjung datang. Dan ternyata sang peternak sakit. Dari kondisi tersebut, Lieselotte mendapatkan sebuah profesi baru yang dia jalankan dengan bahagia, sapi perawat!

Saat membacakan cerita ini saya merasa penulis sedang mengantarkan pesan pada anak-anak mengenai kondisi sakit melalui tokoh sapi Lieselotte ini. Anak-anak tertawa saat melihat Lieselotte diberi air panas untuk dihirup, diminta berkumur, hingga dikompres. Mirip seperti yang dialami anak-anak saat sakit. Pun saat Lieselotte diperiksa dokter hewan. Diukur suhu badannya, diperiksa dengan stetoskop dan otoskop, juga diberi obat batuk. Raysa refleks mengambil obat batuk milik adiknya untuk disandingkan di sebelah buku ini.
Badge "Excellent" saya sematkan karena indikator utama terpenuhi, yaitu membacakan buku tanpa distraksi hingga tuntas dan memfasilitasi rasa ingin tahu anak dengan sabar. Cerita ini menggunakan bentuk Praeteritum, sesuah dengan yang sedang saya pelajari saat ini, sehingga saya belajar banyak dari sesi membacakan buku ini.


0 comments:

Post a Comment