Wednesday, 25 March 2020

Tantangan 30 Hari Day 2 : Membacakan Buku Anak berjudul Alles ueber Laster, Bagger und Traktoren


Buku berjudul Alles ueber Laster, Bagger und Traktoren adalah buku pilihan Ahsan sejak kemarin. Karena kemarin saya membacakan buku pilihan Raysa untuk mereka berdua, hari ini giliran buku pilihan Ahsan yang saya bacakan untuk mereka berdua. Sesuai dengan judulnya, buku ini menceritakan semua hal terkait alat transportasi truk, ekskavator dan traktor.

Cerita di dalam buku ini dimulai dengan penjelasan mengapa manusia membutuhkan kendaraan dan apa yang dimaksud dengan kendaraan komersial. Berlanjut seputar jenis-jenis truk dan gambaran bagian-bagian truk, penjelasan bagaimana kendaraan bisa berjalan, mengapa lengan ekskavator terangkat, bagaimana cara kerja traktor dan apa saja yang bisa dilakukan oleh kendaraan pemadam kebakaran. Tidak semua kata saya pahami, banyak malah. Tapi banyaknya gambar yang melengkapi, memudahkan saya untuk memahami gambaran besar maksud penjelasannya.
Kali ini Raysa nampak tidak begitu antusias, karena buku ini jelas bukan kategori buku yang disukainya. Fokus anak-anak menyimak penuh di lembar-lembar awal. Berikutnya, Raysa memilih beraktivitas menggambar dan Ahsan tetap menyimak sembari berjalan-jalan atau membolak-balik buku mengamati gambar demi gambar. Namun saya tetap membacakan buku hingga tuntas, karena tujuan akhirnya adalah #mamalerntdeutsch. Tantangan yang muncul jangan jadi alasan buat membelokkan tujuan ya. Semoga fokus terjaga hingga akhir. Aamiin.

Sesi hari ini juga berlangsung lebih lama dari kemarin, yaitu sekitar 50 menit. Saya mengapresiasi diri dengan memberikan badge Very Good karena saya membacakan hingga tuntas namun anak-anak tidak menyimak secara penuh.

Pembelajaran sesi hari ini :
Ternyata ada tantangan baru di luar kendali diri, bisa jadi bahan pengembangan ke depan. Selain itu, saya banyak belajar hal baru seputar jenis dan cara kerja truk, ekskavator dan traktor! Hihi



0 comments:

Post a comment