Wednesday, 14 June 2017

Tokoh Buku Bacaan yang Serupa


Hari ini kakak memilih dibacakan buku “MasyaAllah, Ciptaan Allah yang Kecil tapi Ajaib”
Buku ini berisi tentang makhluk hidup kecil ciptaan Allah yang membawa manfaat sangat besar. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi di setiap halaman, dengan tokohnya adalah seorang anak laki-laki berambut keriting. Buku ini baru kami beli menjelang ramadhan. Sengaja disiapkan sebagai amunisi belajar selama bulan ramadhan. Dan, baru hari ini dibuka segelnya dan kami baca. Setelah membaca beberapa halaman, kakak menyeletuk, “Ummi, masnya ini koq kayak yang di buku ya, buku apa ya?”. Ummi pun bingung, lupa buku mana dan tokoh siapa yang dimaksud. “Yang itu loh mi, yang pangeran. Pangeran Karim mi…”

Owalah…ternyata kakak mengingat dan membandingkan, ada kemiripan tokoh di buku yang sedang dibaca, dengan buku yang sudah kakak miliki. Setelah mica pikir-pikir, iya ya, memang benar, serupa. Sama-sama anak kecil berambut keriting. Goresan karikaturnya pun ada kemiripan.
Jadilah kami mencari buku yang kakak maksud, dan membandingkan keduanya.

Apa yang ummi pelajari hari ini?

Ada banyak hal yang mampu anak serap dari proses membaca buku. Bisa dari alur ceritanya, pesan moralnya, bahkan menajamkan ingatan dengan merekam gambar ilustrasi buku tersebut. Maka mica, janganlah pernah bosan untuk menemani anak-anak membaca. Jadilah teman membaca yang asyik untuk anak, karena melalui engkaulah, mereka menyerap berbagai ilmu dan nilai dari sebuah benda mati bernama buku.

0 comments:

Post a Comment