Wednesday, 14 June 2017

Mengisi Buku Aktivitas Ramadhan



Hari ini kakak dan adik ikut ummi mengaji. Artinya, ummi harus mempersiapkan diri, mengkondisikan agar kakak dan adik tetap merasa nyaman selama mengikuti aktivitas ummi dalam 2 jam ke depan. Perbekalan pun ummi siapkan. Beberapa buku cerita, buku aktivitas dan pulpen untuk kakak. Ummi tidak membawa makanan dan minuman, karena sedang bulan ramadhan. Apakah kak Raysa sudah berpuasa? Belum, tapi di usianya yang 3 tahun ini, dia belajar menghormati orang yang sedang berpuasa dengan cara tidak makan dan minum di luar rumah terlebih di hadapan orang lain.

Saat akan berangkat mengaji, dia bertemu dengan teman sebaya, cucu dari guru kami mengaji. Mereka pun bermain bersama, berlarian di bagian belakang tempat mengaji. Tak berselang lama, teman kakak kedatangan tamu teman sekolahnya. Sesama laki-laki. Yang mana setelah itu, mereka berdua bermain mobil-mobilan bersama. Dan kakak, merasa tidak diajak. Kakak pun sedih, dia ingin bermain mobil-mobilan bersama duo lelaki itu. Tetapi sepertinya mereka berdua terlalu asyik bermain sehingga tidak menyadari kekecewaan kakak, hihi.


Kakak kembali ke tempat mengaji dengan langkah gontai. Ummi menawari membaca buku, kakak tolak dengan cepat. Kakak bersikeras ingin main mobil-mobilan bersama temannya. Oke, sepertinya butuh hal menarik untuk mengambil perhatian kakak nih. Ummi mengambil buku aktivitas ramadhan.` Ummi buka bagian menghubungkan titik-titik hingga membentuk gambar. Ummi meminta om untuk memberikan contoh menghubungkan titik-titik hingga membentuk sebuah gambar. Berhasil, kakak tertarik! Beberapa saat setelahnya, ummi mendapati kakak duduk manis, anteng mendengarkan dan mengamati apa yang om sampaikan dan lakukan. Om Wildan yang mengerjakan lembar aktivitasnya, kakak mengangguk-angguk belajar memahami. Ummi jadi bisa konsentrasi mengaji sembari menggendong adik. Alhamdulillah, terimakasih kakak, terimakasih om Wildan…

0 comments:

Post a Comment