Thursday, 9 February 2017

Dialog Hati

Adik, kali ini Mica ingin berterimakasih padamu. Atas pengertian yang kau wujudkan dalam sikapmu. Mica jadi teringat saat berdiskusi dengan om. Om bertanya sebab dari kecemburuan kakak padamu. Diskusi pun mengalir. Kala itu Mica sampaikan bahwa kakak sebagai anak pertama memiliki “standar perhatian orangtua” yang tinggi. Karena orangtua selalu membersamai segala aktivitasnya. Sedangkan adik sebagai anak kedua, “standar perhatian orangtua” lebih rendah, karena sedari lahir, perhatian orangtua sudah terbagi, untuknya dan untuk sang kakak.

Maka saat Mica harus membersamai kakak yang sedang beradaptasi menyambut adik, Mica meminta pengertian padamu untuk bermain mandiri setelah disusui dan tidur dengan nyenyak setelah kenyang. Dan adik benar-benar melakukannya. Pun pagi tadi, saat hanya ada Mica, kakak dan adik di rumah, serta n akan ada diskusi parenting di rumah. Mica mengkondisikan alur acara agar seandainya nanti adik butuh digendong dan kakak butuh perhatian, acara tetap dapat berjalan dengan baik. Adik pun Mica kondisikan dalam keadaan kenyang sebelum terlelap tidur. Alhamdulillah, sepanjang diskusi berlangsung adik anteng di atas kasur kamar. Kakak bermain bebas bersama teman-teman. Sehingga diskusi bisa Mica ikuti dengan penuh.

Hari ini Mica belajar berkomunikasi produktif dengan bayi melalui adik. Meski belum berbicara, adik bisa berkomunikasi dan menangkap harapan Mica.

#hari5
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip



0 comments:

Post a Comment