Tuesday, 19 July 2016

Mini Project : Menggambar di Permukaan Balon

[Mini Project]

Menggambar di Permukaan Balon

Acara Ramadhan Berbagi Ceria yang MeGi ikuti di hari sebelumnya, membawa oleh-oleh berupa balon besar berwarna kuning untuk dibawa ke rumah. Balonnya terbilang cukup besar, berbahan tebal dan tidak mudah meletus. Micha masih ingat, sepulang dari acara tersebut, kita ikut keluarga Planner sampai di persimpangan, dilanjut dengan naik angkot menuju rumah. Di angkot, karena MeGi tertidur dan Micha khawatir balonnya terbang, Micha lepas pegangannya dan masukkan balon itu ke tas kresek besar yang diambil dari tas ransel. Cukup, dan sangat pas. Padahal kresek tersebut ukurannya tergolong amat besar, hihi. Sesampainya di rumah, dipakailah balon itu untuk bermain.

Keesokan harinya, pagi hari adalah jadwal MeGi bermain bersama Abiya. Biasanya saat mereka berdua bermain, seringkali ada hal aneh yang dijadikan objek bermain. Benar saja, kali ini sasarannya adalah si balon kuning. Balon memang mainan favorit MeGi. Dan pagi itu pun dia sudah membawa balon kuning itu. Sebagai langkah inside out, Abiya menjadikan balon kuning tersebut sebagai media gambar. Alat yang digunakan adalah pulpen dengan ujung yang agak tumpul. Meletuskah balonnya? Micha pikir begitu, tapi ternyata tidak. Pulpen yang ujungnya tidak terlalu tajam itu bersahabat dengan balon kuning yang permukaannya cukup tebal. Micha melihat dengan harap-harap cemas, khawatir meletus. Sedangkan MeGi? Dia begitu antusias mengikuti ayunan jemari Abiya. Ya, dia ikut menggambar juga di permukaan balon. Di wajah mereka berdua, tidak ada raut khawatir sedikitpun.

Mana hasil karya MeGi? Itu, yang kiri bawah, dengan pulpen putih-hijau jemarinya beraksi


Manfaat kegiatan ini bagi MeGi antara lain :
  • Melatih motorik halus, koordinasi panca indra
  • Membuka wawasan media gambar yang belum pernah dicoba sebelumnya
  • Membuang rasa khawatir, berani mencoba hal baru
  • Melatih keberanian untuk mengambil risiko
  • Melatih untuk berpikir di luar kebiasaan (out of the box)

Ah….inilah yang dibutuhkan anak. Bukan seberapa lengkap media permainan yang disodorkan, atau semahal apa fasilitas yang diberikan, tapi keberadaan kita di sampingnya, mendampinginya dan menjadi teman bermainnya, hadir secara utuh lah yang terpenting untuk tumbuh kembangnya.

Semoga Allah mudahkan kami untuk menjadi fasilitator yang benar, aamiin.

#griyariset
#miniproject
#menggambarbalon
#ODOPfor99days
#day90

1 comment: