Tuesday, 19 July 2016

Mini Project : Yuk, Baca Al Qur'an Bersama-sama

[Mini Project]


Yuk, Baca Al Qur’an Bersama-sama


Raising your children, raising ourselves

Quote diatas memang benar adanya. Jika menginginkan anak yang sholih dan sholihah, langkah pertama dan utama yang harus ditempuh adalah membuat diri menjadi pribadi yang sholih terlebih dahulu. Maka, dalam mendidik anak, keteladanan jauh lebih utama dibandingkan nasihat. Dan ini menjadi PR besar bagi kami.


Setiap anak pasti memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, terutama atas apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Setiap kali orangtua melakukan sesuatu, tidak berselang lama anak akan menirukannya. Pun saat membaca Al Qur’an. Saat kita membaca Al Qur’an, sudah bisa ditebak dia pasti juga ingin membaca Al Qur’an. Bukan buku bacaan yang lain, yang bahkan mungkin ilustrasinya lebih beragam, gambarnya lebih menarik dan warnanya lebih mencolok. Bukan, bukan itu. Dia lebih mengingingkan apa yang ada dalam genggaman kita, yang sedang kita gunakan. Mungkin dia berpikir, dia juga ingin melakukan persis seperti apa yang sedang kita lakukan. Hihi

Supaya kami tetap bisa membaca Al Qur’an dan tetap memfasilitasi rasa ingin tahu anak, kami mengupayakan hal berikut :
1. Memberikan Al Qur’an terjemahan khusus miliknya. Ya, dari awal, kami memberikan satu Al Qur’an terjemahan khusus untuknya. Yang secara bentuk mirip dengan yang kami gunakan. Kami tidak pernah menggunakan miliknya, sehingga harapannya saat sesi membaca Al Qur’an, kami dapat melakukannya bersama-sama dengan Al Qur’an milik masing-masing.
2. Saat dia menggunakan Al Qur’an, tak jarang ada bagian yang sobek, ada yang halamannya terlepas dan sebagainya. Kami sempat bingung mengantisipasi ini. Karena jika mengganti dengan buku, dia menolak, melarangnya untuk memegang juga sulit karena dia terus saja menginginkan. Maka, jika ada bagian yang sobek atau terlepas, kami bersegera mengisolasi dan memperbaikinya. Alhamdulillah masa itu berlangsung di usianya hingga 18 bulan. Semakin dia besar, semakin jarang bagian yang sobek maupun terlepas.
3. Usai menggunakan, bersama-sama kami meletakkannya kembali ke tempatnya. Melatihkan padanya untuk bersegera mengembalikan sesuatu begitu selesai digunakan, sekaligus membangun rasa tanggungjawab atas barang miliknya.

Wallahu a’lam

#griyariset
#miniproject
#ODOPfor99days
#day87



0 comments:

Post a Comment