Tuesday, 19 July 2016

Mini Project : Dimana Saja Kepik Bersembunyi?

[Mini Project]
20 Juni 2016

Ayo Cari Tempat Kepik Bersembunyi!



Ini aktivitas sederhana. Berawal dari MeGi yang mengawali aktivitas belajar pagi dengan menunjuk gambar hewan di sebuah buku yang sedang saya bacakan dan bertanya, “Ini apa Mi?”, dan sayapun menjadi, itu kepik mba. Dulu, waktu dia masih kecil, sekitar usia 6 bulan, dia pernah menjumpai kepik di halaman rumah dan ingin memegangnya. Saya ceritakan kembali hal tersebut, dia pun mengangguk-angguk. Entah mencoba mengingat atau mencoba memahami saja. Hihi. Pembacaan cerita kami pagi itu pun berlanjut.
Hari menjelang siang, dan dia sedang asyik beraktivitas menempel stiker ramadhannya. Tiba-tiba ia memekik kegirangan. Mi, ada stiker kepik! Olala, ternyata dia menemukan gambar kepik di salah satu stiker yang akan dia tempel. Oke sip.
“Mi, ada kepik lagi! Di baju Beki!” kali ini dia memberitahu dengan menggendong Beki si boneka bebek. Ternyata di rompi si Beki memang ada gambar kepik. Kyaaaa…bahkan selama inipun saya tak menyadarinya. Saya pun mulai memberikan tantangan, “Wah, ada banyak kepik yang mba di rumah. Jangan-jangan masih ada lagi. Kita cari lagi yuk mba?”. Ajakan disambut antusias. Kami pun berpencar, mencari-cari dimana lagi kami akan menemukan gambar kepik. Sebenarnya saya pun tak tahu dia akan menemukan gambar makhluk kecil itu.
“Mi, ketemu!” pekiknya. Saya keheranan. Saya hampiri dia yang sedang menunjuk-nunjuk dinding ruang tamu. Ada kepik di dalam rumah? Oh, ternyata tidak. Dia menunjuk pada gambar rangkaian buah-buahan yang kami buat tempo hari atas permintaannya. Diantaranya memang ada kepik yang menyelip, hihi. “Wah, ternyata banyak juga ya gambar kepik tanpa kita sadari” ujar saya dalam hati.
Hari mulai malam saat MeGi meminta untuk dibacakan buku. Buku yang dipilihnya kala itu adalah buku aneka kreasi dari kertas. “Apa yang bisa dibacakan?”pikir saya. Saya pun hanya menerangkan nama-nama benda yang tertera disitu. Sembari sesekali menghubungkannya dengan kejadian yang pernah MeGi alami. Dan ternyata dia kembali menemukan kepik, hihi. Bisa jadi hari itu hari kepik bagi MeGi, J

 #griyariset
#miniproject
#ODOPfor99days

#day70

0 comments:

Post a Comment