Sunday, 5 April 2020

Tantangan 30 Hari Day 13 : Membacakan Buku Anak berjudul “Alles ueber das Fahrrad”


Buku perpustakaan ini sudah pernah kami baca sebelumnya, tapi tidak tuntas. Sebelum meniatkan satu hari satu buku, membacakan buku sejenis ini rasanya terlalu tebal jika tuntas dalam sekali duduk. Dengan menjalankan tantangan ini, Allah menyadarkan saya bahwa saya perlu menguatkan tekad sehingga tak dihinggapi rasa enggan berlarut-larut. Di hari ke-13 ini Allah mengizinkan saya merasakan rasa nyaman dan terbiasa membacakan buku seperti ini hingga tuntas dalam sekali duduk.

Dulu saya terheran-heran, mengapa buku sekompleks dan sedetail ini, direkomendasikan untuk anak-anak berusia empat hingga tujuh tahun? Apakah tidak terlalu berat? Selang waktu berjalan, saya belajar mengamati kondisi. Mencoba mengikuti beragam acara anak-anak yang diadakan di perpustakaan baik untuk kategori usia Ahsan maupun untuk kategori usia Raysa. Kemudian melihat ramainya anak-anak berkunjung di perpustakaan saat liburan, menyaksikan betapa banyak buku tebal yang dipinjam mereka sebelum beranjak keluar dari perpustakaan. Dari situ saya mulai memahaminya. Ya, buku tersebut direkomendasikan untuk anak dengan rentang usia tersebut bukanlah untuk dibaca sendiri, namun untuk dibacakan. Tak heran banyak jadwal acara Geschichtenzeit dimana seorang fasilitator hadir untuk membacakan beberapa buku untuk anak dan peserta akan mendengarkan dengan seksama selama 45-60 menit. Juga banyak keluarga yang memadati ruangan buku anak di akhir pekan, yang juga terdengar sedang membacakan buku untuk anak-anaknya. Dengan pola pembiasaan yang sudah berjalan tersebut, maka minat anakterhadap buku pun tinggi. Sekalipun mereka belum bisa atau belum lancar membaca, namun muncul ketertarikan dari dalam diri anak untuk mengetahui isi dari setiap buku yang ditemuinya.
Buku yang kami baca hari ini menceritakan segala hal mengenai sepeda. Mulai dari jenis-jenis sepeda, penyebab mengapa sepeda itu ramah lingkungan hingga kapan biasanya anak mulai belajar bersepeda. Di buku ini juga ditunjukkan bagian-bagian sepeda secara detail dan bagaimana tahapan belajar mengendarai sepeda. Bagian yang tak kalah penting, adalah rambu-rambu lalu lintas yang perlu anak ketahui saat bersepeda,juga jalur mana yang harus dipilih anak yang masih belajar bersepeda dan anak yang sudah berusia di atas 10 tahun. Dilanjutkan dengan cerita mengenai perawatan sepeda dan perlengkapan apa yang harus dipakai seorang pesepeda termasuk saat kondisi gelap. Di akhir, disampaikan juga sejarah awal ditemukannya sepeda dan aneka fungsi sepeda dalam kehidupan.

Sesi membacakan buku hari ini berlangsung selama 41 menit. Atas izin Allah, alhamdulillah berlangsung lancar, tanpa distraksi dan cukup memfasilitasi rasa ingin tahu anak. Terutama Raysa, yang saat ini sedang dalam proses belajar mengendarai sepeda. Semoga Allah tuntun senantiasa.



0 comments:

Post a comment