Friday, 10 April 2020

Tantangan 30 Hari Day 18 : Membacakan Buku Anak berjudul “Mein erstes Vorschulbuch”


Alhamdulillah wasyukurillah, tantangan 30 hari hari ke-18 bisa tertunaikan tepat waktu. Sempat khawatir juga mengingat waktu pengerjaan dan penulisan laporan hari ini yang sangat mepet dengan batas waktu berakhirnya hari. Sekalipun di sini masih waktu Ashar, namun di Indonesia sudah menuju jam Cinderella. Hihihi.
Hari ini saya menggunakan waktu pagi hari kami untuk berbelanja kebutuhan dapur. Karena kami membutuhkan tahu dan tempe, tujuan belanja saya adalah toko Asia yang biasanya kami tempuh dengan menggunakan kendaraan umum. Namun kali ini saya menuju kesana dengan berjalan kaki. Selain ke toko Asia saya juga ke dua toko lain yang berdekatan lokasinya. Sesampainya di rumah, saya larut dalam tugas domestik bersama keluarga. Setelahnya, saya mengerjakan tugas dari kursus bahasa Jerman yang cukup banyak. MasyaAllah, benarlah adanya bahwa waktu yang tersedia memang senantiasa jauh lebih sedikit dibandingkan aktivitas dan peran yang harus dijalankan. Maka menjalankan pekerjaan sesuai urutan prioritas itu sungguh sangatlah penting.
Di sore hari usai makan bersama, saya baru menemani anak-anak membaca buku. Awalnya saya menyimak si sulung yang sedang bermain Tiptoi dengan buku. Terlintas ide bahwa itu saja yang menjadi buku bacaan hari ini. Namun setelah sepuluh menit saya coba, justru menjawab soal-soal yang diberikan terasa lebih deg-degan ketimbang membaca isi buku seperti biasanya. Setelahnya kami pun mengambil salah satu buku untuk dibaca bersama.

Pilihan hari ini jatuh pada buku berjudul “Mein erstes Vorschulbuch”. Buk ini berisi mengenai asal mula tulisan. Dimana antar manusia saling bertukar informasi dengan menggunakan gambar dan simbol. Dilanjutkan dengan awal munculnya alfabet atau abjad, tebak-tebakan huruf awal dari beberapa benda juga melafalkan nama benda yang mirip pelafalannya namun memiliki huruf awalan yang berbeda, contohnya : Dose-Rose, Nase-Hase, Schwein-Bein, Zwerg-Berg. Diceritakan pula ragam bahasa dan penulisan dari beberapa negara, juga kondisi beberapa negara dimana penduduknya banyak yang tak menguasai kemampuan baca tulis. Dilanjutkan dengan manfaat perhitungan di setiap lini kehidupan dan bagaimana sebuah proses penambahan dan pengurangan.

Buku asyik ini kami tuntaskan dalam waktu 26 menit. Buku yang menarik, sesuai untuk si sulung yang sedang berada di fase Vorschule. Proses hari ini alhamdulillah berjalan cukup lancar, badge Excellent tersematkan untuk proses hari ini. Alhamdulillah, atas izin Allah.

0 comments:

Post a comment