Sunday, 12 April 2020

Tantangan 30 Hari Day 20 : Membacakan Buku Anak berjudul “Auf der Baustelle”


Buku yang kami baca bersama hari ini adalah buku yang menceritakan mengenai konstruksi atau proses pembuatan bangunan. Halaman pertama berisi gambaran besar proses pembuatan bangunan. Kendaraan, alat berat dan material apa saja yang dibutuhkan juga aktivitas apa saja yang dilakukan pekerja. Dilanjutkan dengan berapa lama sebuah bangunan itu didirikan, ternyata kurang lebih sekitar satu tahun! Artinya, pembangunan berjalan dengan melewati empat musim yang berbeda. Dijelaskan juga ada tipe bangunan yang bernama „Fertighaus“ dimana beberapa bagian sudah jadi sehingga tinggal memasang antar bagian saja. Pendirian bangunan ini tentu lebih cepat, bahkan bisa hanya dalam waktu satu pekan. Namun tentu berimbas pada kekokohannya.
Dilanjutkan dengan cerita apa saja yang dikerjakan oleh pekerja beserta alat-alat yang digunakan. Juga ternyata selain membangun, kita bisa juga melakukan renovasi bangunan. Bangunan lama diperbaiki total sehingga semua yang ada di dalam bangunan dalam kondisi baru sekalipun berasal dari sebuah bangunan lama. Selain bangunan, Baustelle juga mengerjakan pembuatan jalan, baik itu jalan beraspal untuk mobil maupun jalan terowongan dan jembatan. Ternyata sangat banyak ragam pekerjaan yang dilakukan.

Di buku ini kami menemukan banyak kosakata baru, karena ranah pekerjaan ini merupakan bahasan yang kurang familiar sebelumnya. Grammar yang sempat saya temukan berkaitan dengan yang sedang saya pelajari antara lain :

Infinitiv mit zu
Daneben sind Zimmerleute dabei, den Dachstuhl aufzustellen.
Manchmal lohnt es sich nicht, ein Haus zu renovieren.
Bagaimana perjalanan belajar bahasa Jerman saya saat ini?

Sebenarnya saya sedang mengejar ketertinggalan. Kursus intensif yang saya ikuti saat ini berlangsung via online dan setiap Selasa dan Jum’at ada pemberian materi baru. Karena satu dan lain hal, tugas pekan ini belum sempat saya kerjakan dan baru saya kerjakan di hari ini. Ada sebuah bahasan di grup WhatsApp yang saya merasa skip dan saya menanyakan hal tersebut. Ternyata hari Kamis pengajar memberikan akses pada suatu media yang diberikannya via pesan pribadi. Saya belum mendapatkannya dan mungkin penyebabnya karena di hari Kamis itu saya belum mengumpulkan tugas.
Pembelajaran yang saya dapatkan , ada ketidakseimbangan peran yang terjadi pada saya di pekan ini. Saya kurang optimal mengerjakan tugas kursus. InsyaAlah sedang saya upayakan untuk memperbaiki. Tugas-tugas sedang saya kerjakan satu demi satu sejak hari Jum’at lalu dan pengajar pun sudah membalas via pesan pribadi bahwa beliau akan menghubungi saya di Senin atau Selasa esok.

Badge Excellent tersematkan untuk proses hari ini karena memenuhi kriteria empat capaian. Menjelang sepuluh hari terakhir pengerjaan tantangan, sudahkah saya mulai terbiasa menjalankannya? Semoga Allah mudahkan praktik baik ini untuk menjadi sebuah kebiasaan baru yang terus berlangsung setiap hari. Aamiin.


0 comments:

Post a comment