Wednesday, 8 April 2020

Tantangan 30 Hari Day 16 : Membacakan Buku Anak berjudul “Was die Sonne alles kann”



Hari ini sebenarnya hampir saja saya skip mengerjakan tantangan, karena tantangan belum juga saya kerjakan hingga dua jam menjelang batas waktu pengumpulan tantangan. Siang hari ini saya ada agenda ke luar rumah. Saya perlu mengantar sampel urine anak ke dokter anak dan menantikan hasilnya, berlanjut membeli obat di Apotek dan membeli kebutuhan pangan. Sesampainya di rumah, kami makan siang , sholat dan membuat kue bersama. Usai membuat kue, saya mimisan. Cukup banyak darah yang keluar. Kepala juga terasa pusing. Hingga kemudian suami memerintahkan untuk tidur siang. Saya pun menurut. Setelah tidur siang, alhamdulillah kondisi sudah membaik.
Keluar dari kamar, saya melihat si sulung sedang membaca buku-buku kecil. Saya menjadi termotivasi untuk mengerjakan tantangan 30 hari. Bukankah buku-buku kecil itu cukup sederhana dan realistis untuk dituntaskan dibaca bersama di waktu yang sempit ini? Bukankah indikator kesuksesan mendasar dari pengerjaan tantangan ini adalah terbentuknya kebiasaan baik baru, yang kuncinya adalah memegang komitmen dan konsistensi? Masih ada waktu, ayo kerjakan! Pertanyaan demi pertanyaan untuk diri sendiri bermunculan di pikiran saya. Hingga kemudian saya memutuskan untuk mengerjakan tantangan ini dengan berfokus pada „memanfaatkan kesempatan yang masih tersedia“ tanpa banyak berpikir „tapi-nya“.

Dan sesi membacakan buku ini berlangsung selama sepuluh menit. Membacakan buku berjudul „Was die Sonne alles kann“ yang menceritakan tentang pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi yang memenuhi kebutuhan listrik manusia. Penjelasan cara kerja panel surya diceritakan dengan jelas dan sederhana di buku ini. Tokoh di dalam cerita yang seumuran dengan si sulung, membantu memudahkan anak-anak memahami isi buku ini. Alhamdulillah, Allah mudahkan untuk mengerjakan tantangan hari ini.


0 comments:

Post a comment