Saturday, 18 April 2020

Tantangan 30 Hari Day 26 : Membacakan Buku Anak berjudul “Was ist Fernkaelte?”



Buku ini yang sebenarnya ingin dibaca bersama kemarin, lalu terselip di suatu tempat, dan baru ditemukan kembali hari ini. Ya, masih buku dari Wien Energie. Kali ini membahas mengenai Fernkaelte, sebuah sistem pendingin untuk ruangan massal. Yang menarik, siklus pergerakan air di sini juga melibatkan tempat pengelolaan sampah Spittelau. Sepertinya saya perlu membacanya ulang dengan lebih mendetail untuk lebih memahami sistem ini. Hmm....bahasan baru ini belum saya pahami sepenuhnya, banyak kosa kata yang asing juga. Namun kami coba tuntaskan membacanya.
Sebagai alat bantu kami untuk memahami prinsip Fernkaelte, saya mencari videonya di Youtube, dan menyimak bersama. Videonya bisa diakses di sini ya. 


Karena buku ini cukup singkat, kami menyelesaikannya dengan cepat, beranjut dengan menyimak video penjelasan bersama-sama. Sesi membacakan buku ini sudah masuk hari ke-26 dan hari ini saya menceritakan suatu temuan menarik yang saya rasakan dari pembiasaan hal baru ini pada suami. Jadi sudah dua hari ini anak-anak mau tidur dengan kondisi lampu kamar gelap sepenuhnya. Sebelum-sebelumnya, mereka sangat menolak, apalagi Ahsan. Dia menolak tidur dengan kondisi lampu mati. Namun kemudian di salah satu buku yang kami bacakan di sesi ini, sebuah buku berjudul Stadt (yang kami baca di hari ke-25), salah satu halaman bukunya membahas mengenai situasi malam kota Wina. Dalam deskripsinya, digambarkan bahwa banyak kamar-kamar yang gelap, lampu hampir semua dimatikan pertanda seisi rumah sedang beristirahat. Saat itu, saya melanjutkan bahasan ke manfaat tidur dengan kondisi gelap untuk kesehatan mata. Di malam harinya, alhamdulillah kami bersepakat untuk tidur dengan kondisi gelap sepenuhnya. Ahsan tak menolak lagi. Banyak hal baik yang bisa dibiasakan dengan bantuan buku ya. Saya semakin bahagia membacakan buku anak bersama. Alhamdulillah.





0 comments:

Post a comment